Kamis, 16 Juli 2020

Pembangunan Masjid Nurul Ikhsan; Bimas Islam Kankemenag Lampung Utara, Tugaskan Petugas Ukur Arah Kiblat


Abung Kunang- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Utara melalui Bimas Islam memberikan pelayanan pengukuran arah Kiblat bagi Masjid dan mushola yang berada di wilayah Kab.Lampung Utara. Pelayanan dapat dilakukan berdasarkan Surat permohonan dari masyarakat yang berkepentingan yang diajukan melalui PTSP Kankemenag Lampung Utara.



Seperti pada Kamis (16/07/2020) , atas nama kepala Kemenag ,Kasi Bimas Islam Kankemenag Lampung Utara, Akhmad Syaibani, S.Ag., MH menugaskan dua petugas ukur arah Kiblat yaitu Abdul Rohim, S.Hum., M.Pd.I (Kepala KUA Abung Kunang) dan Agus Taufikur Rohman, M.HI (Kepala KUA Sungkai Barat) untuk mengukur arah Kiblat di desa Surakarta RT/RW 02/03 Kec.Abung Timur berdasarkan surat permohonan Ketua pembangunan Masjid Nurul Ikhsan Nomor : 002.B/YIHL/Masjid/Ds-Sur/VII/2020 tanggal 14 Juli 2020.

Petugas ukur Kiblat berada di lokasi untuk Pengukuran arah Kiblat pada Pukul 10.00 waktu setempat setelah beristirahat sebentar di rumah warga langsung melakukan pengukuran.

Setelah dilakukan pengukuran, Rohim yang merupakan salah satu petugas arah ukur Kiblat menyebutkan bahwa koordinat ka'bah terletak pada lintang 21 derajat 25 menit dan Bujur Kakbah 39 derajat 49 menit. " Berdasarkan pengukuran lintang tempat berada pada 4 derajat 74 menit Lintang Selatan dan Bujur tempat pada 104 derajat 96 menit Bujur Timur" Ujar Rohim.

Rohim melanjutkan bahwa setelah berhasil ditemukan posisi Lintang dan bujur tempat lalu dimasukan kedalam rumus arah kiblat.  "Hasilnya arah kiblat di Desa Surakarta bila diukur dari titik utara ke barat adalah 64 derajat 52 menit,  dan azimuth kiblat 295 derajat 08 menit " ucap Rohim.

Rohim meneruskan alat yang digunakan berupa Global Positioning System,  Kompas Digital dan alat ukur kiblat.

Turut mendampingi dalam pengukuran arah kiblat,  Pengurus Masjid (Supriyadi,S.Pd.), disaksikan Yudi Hendriansyah dan Kaipa Tayyib*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar